Membuat Tempat Pensil dari Barang Bekas

Parents, hampir semua anak-anak sangat senang jika diajak membuat prakarya. Sudah kita ketahui bersama bahwa mengajak anak-anak membuat prakarya akan meningkatkan keterampilan anak, mengasah motorik halus, ketelitian koordinasi mata serta tangan, dan kesabaran. Membuat kerajinan tangan juga mampu meningkatkan kemampuan anak dalam bersosialisai dan membuat keputusan.

Apakah bunda memiliki barang bekas yang tidak terpakai?  Dan apa saja sih manfaat dari barang bekas?

Manfaat dari barang bekas, yaitu

  • Mengurangi pencemaran akibat sampah, menghemat energi, dan menjaga sumber daya alam.
  • Mencegah timbulnya penyakit di sekitar kita.
  • Menambah pengetahuan dan mengasah kreativitas.
  • Menghemat pengeluaran.
  • Menambah penghasilan.

Memanfaatkan barang-barang bekas untuk mengurangi limbah di sekitar kita, tidak ada salahnya bukan, untuk melestarikan lingkungan agar menjadi asri kembali.

Yuk, ajak anak bunda mengumpulkannya dan berkreasi menjadikan barang bekas tersebut menjadi sebuah dekorasi rumah, tempat kosmetik, tempat menyimpan barang-barang yang berantakan, bahkan tempat peralatan sekolah anak seperti tempat pensil, tempat buku, dll. Dan isi lah waktu anak-anak bunda dengan membuat prakarya. Aktivitas ini cukup untuk membuat mereka sibuk sendiri dan melupakan TV atau tablet.

Dengan memanfaatkan barang yang ada. Bunda juga mendorong anak untuk menjadi kreatif memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar rumah. Selain itu, bunda juga mengajarkan anak untuk memilah dan mengolah sampah dengan baik.

Apakah bunda mempunyai banyak sedotan dan gelas plastik bekas anak bunda jajan minuman? Bunda bisa loh membuat tempat pensil dari dua bahan itu.

Yuk kita coba bikin tempat pensil dari  sedotan dan gelas plastik bekas.

1. Alat dan bahan yang di butuhkan

  • Gelas Plastik
  • Sedotan
  • Dus Kekas / Kertas Berbahan Keras
  • Lem Tembak
  • Gunting
  • Mangkok Plastik kecil
  • Spidol
Peralatan dan Bahan yang diperlukan (dok. penulis)

2. Cara membuatnya:

  • Cetak dus bekas dengan menggunakan mangkok plastik menjadi lingkaran dan gunting.
  • Lem bagian permukaan alas gelas plastik dan tempel pada dus bekas untuk menjadi penompang dari gelas plastik.
  • Tempelkan satu persatu sedotan pada sekeliling gelas plastik sampai gelas tertutup oleh sedotan.
  • beri hiasan pada alas dus agar lebih terlihat cantik

Sebagai seorang pelajar tentunya dalam menjalankan aktivitas belajar disekolah, perlu juga untuk menyiapkan beberapa perlengkapan sekolah termasuk alat tulis dan beberapa barang penunjang lainnya.

Sehingga bunda bisa menyiapkan jenis alat sekolah satu ini bagi putra putri tercinta, sekaligus mengingatkan supaya bunda dapat melengkapi setiap kebutuhan dan keperluan untuk sang buah hati.

Dan apasih manfaat nya membuat tempat pensil Bun?

Manfaatnya adalah:

1. Tertata Rapih

Tempat Pensil berguna supaya semua peralatan tulis dapat tertata rapih, seperti contoh bunda bisa menyimpan suatu alat dengan memisahkan nya sesuai kebutuhan anak bunda, Misal menyimpan sebuah pensil untuk menulis dan pensil untuk peralatan menggambar atau mewarnai, sehingga kedua alat tersebut tersimpan rapih.

2. Mudah Dicari

memberikan kemudahan dalam mencari berbagai macam alat, berdasarkan yang dibutuhkan. Terkadang apabila tidak memiliki kotak tempat menyimpan pensil, anak anak pada umumnya sering menaruh dimana saja, yang mungkin akan mengakibatkan sering nya hilang. Selain itu mudah dalam mencari barang yang diperlukan, misal apabila ketika pensil tiba tiba patah kamu dapat dengan mudah mencari serutan itulah fungsi tempat pensil.

3. Meningkatkan Kedisiplinan

Menumbuhkan sikap disiplin anak, dengan demikian anak akan belajar disiplin dan bertanggung jawab. Seperti kebiasaan anak-anak yang sedang menggambar atau menulis setelah selesai kegiatan tadi dapat membereskan kembali barang-barang tersebut kepada tempatnya.

4. Menghindari Lupa

Terakhir dari manfaat mempunyai kotak wadah pensil adalah menghindari lupa, dimana terkadang sang anak lupa tidak membawa peralatan yang diperlukan.

5. Menghindari Coretan Pada Buku dan Tas Sekolah

Terakhir ialah supaya mencegah terjadinya coretan pada Tas atau Buku sekolah, kadang apabila kita tidak memiliki sebuah kotak pensil, biasanya sering terjadi coretan-coretan pada Tas Sekolah maupun Buku, apalagi kalau tiba-tiba bolpoin milik anak-anak penutupnya tidak terpasang.

Demikian informasi dan pembahasan tentang membuat tempat pensil dari bahan barang bekas, semoga pembahasan ini bermanfaat dan membantu bunda dalam melengkapi kebutuhan alat sekolah anak-anak bunda. Adapun masukan kritik serta saran silahkan ikut juga berpartisipasi dengan berkomentar agar media ini menjadi sarana informasi sekaligus solusi dan bertukar informasi yang bermanfaat

Tentang Penulis /

Tinggalkan Balasan

Mulai mengetik dan tekan Enter untuk mencari