Menulis Code Sederhana melalui Permainan Rimbot

Halo kawan Rimbasiana!

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas mengenai salah satu permainan computational thinking yang dapat dimainkan oleh anak usia prasekolah (3-5 tahun). Permainan ini dirancang untuk melatih kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis.

Melalui permainan ini, anak-anak diminta untuk menuliskan serangkaian kode untuk membantu robot Rimbot menemukan jalan kembali ke rumahnya. Untuk mencapai rumahnya, Rimbot harus menghindari hujan meteor.

Oh ya, permainan ini bersifat off-screen activity sehingga orang tua hanya perlu mencetak lembar aktivitas dengan printer dan selanjutnya permainan dapat dimainkan tanpa melibatkan gawai :D.

Ilustrasi permainan ini dapat dilihat pada gambar berikut:

Gambar 1. Contoh lingkungan permainan Rimbot

Seperti yang dapat dilihat pada Gambar 1, melalui permainan ini anak-anak akan diminta untuk menuliskan kode berupa rangkaian tanda panah ke kanan/kiri/atas/bawah untuk mengarahkan Rimbot ke titik tujuan (finish).

Nah, di bawah ini adalah salah satu contoh solusi dari permainan pada Gambar 1:

Gambar 2. Contoh salah satu jawaban dalam permainan Rimbot di Gambar 1. Perhatikan bahwa untuk permainan ini jawaban untuk mengarahkan Rimbot ke titik tujuan bisa lebih dari satu 🙂

Free printables permainan Rimbot dapat diunduh pada link berikut:

Melalui printables di atas, ,orang tua juga dapat meletakkan posisi meteor dan titik Finish sesuai keinginan untuk melatih kemampuan anak dalam memecahkan masalah yang bervariasi.

Untuk meningkatkan literasi digital anak-anak, orang tua juga dapat menjelaskan kepada anak-anak bahwa komputer bekerja dengan mengeksekusi serangkaian langkah (instruksi) yang dituliskan oleh pembuat program. Contohnya seperti pada permainan RImbot ini dimana robot akan bergerak sesuai rangkaian instruksi yang ditulis oleh anak selaku programmer.

Untuk anak yang berusia lebih besar, selain mencapai titik finish, tujuan permainan dapat pula ditambahkan dengan mencari jalur dengan langkah sesedikit mungkin.

Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat :)!


Referensi

Discover the code. Coding for beginners. Penny’s Primary Printable. https://line.17qq.com/articles/hclchopcv.html

Tentang Penulis /

A Computer scientist, full-time researcher, Artificial Intelligence enthusiast, and a mom of two :).

Tinggalkan Balasan

Mulai mengetik dan tekan Enter untuk mencari