Membuat Lampu Lampion dari Benang Wol

Halo, apa kabar teman-teman Rimbasiana? Semoga kita semua dalam keaadan sehat. Nah, apakah teman-teman memiliki benang wol yang tidak terpakai di rumah? Jika iya, yuk kita manfaatkan benang tersebut untuk membuat kreasi lampu lampion.

Seperti yang kita ketahui, lampu adalah alat penerangan yang sangat dibutuhkan oleh kita semua. Selain sebagai alat penerang, lampu juga dapat bermanfaat untuk menambah elemen dekoratif ruangan. Selain itu, ambient cahaya yang dipancarkan oleh lampu dapat memberi kesan artistik, hangat dan nyaman dalam ruangan.

Artikel Rimbasiana kali ini akan membahas cara membuat lampu lampion dari benang wol untuk meningkatkan kesan artistik di sudut ruangan rumah Anda. Yuk kita simak bersama cara membuatnya 🙂

Alat dan Bahan:

  • Benang Wol
  • Balon
  • Lem Fox / Lem Kayu
  • Koas
  • Wadah
  • Sendok
  • Air panas
  • Pengering (optional)
  • Penyangga (optional)

Cara membuatnya:

  1. Ambil balon dengan ukuran diameter 50 cm dan tiup balon.
  2. Gambar lingkaran pada bagian atas balon. Ukuran gambar lingkaran disesuaikan dengan ukuran fitting lampu serta berilah tanda dengan spidol.
  3. Taruh lem di dalam wadah, masukkan air panas dengan perbandingan 1 : 1 lalu aduk hingga merata.
  4. Siapkan plastik sebagai alas pada bagian bawah balon dan beri penyangga agar balon tetap diam.
  5. Olesi lem pada permukaan balon ke seluruh bagian, kecuali pada bagian lingkaran atas.
  6. Setelah lem merata di seluruh bagian balon, tempelkan benang mengelilingi balon.
  7. Bila semua telah terlapisi oleh benang, kemudian lapisi kembali dengan lem dengan perbandingan air 70% : lem 30%.
  8. Bila semuanya telah selesai, lapisi kembali benang dengan lem tanpa campuran air.
  9. Jika benang sudah terlapisi dengan lem, maka lakukan pengeringan dan hindari mengeringkan dengan matahari karena balon mudah menyusut. Lakukan pengeringan secepat mungkin sebelum balon menyusut. Pengeringan dapat dilakukan dengan menggunakan hair dryer.
  10. Setelah benang kering, jangan lupa pastikan tidak terdapat sisa lem yang basah dan benang sudah mengeras. Setelah itu, kempeskan dan lepaskan balon.
  11. Jika balon sudah dilepaskan, pasangkan lampion pada lampu.
  12. Lampu lampion sudah jadi dan dapat dinyalakan :)!

Nah bagaimana mudah bukan?

Selain kreasi yang telah dijelaskan di atas, teman-teman juga dapat membuat lampu lampion dari benang wol dengan ukuran bola-bola kecil dan memasangkannya pada lampu kelap-kelip warna warni. Kreasi ini juga dapat menjadi hiasan di ruang bermain anak agar anak-anak dapat menikmati cahaya lampu dan merasa senang saat berada di ruang bermainnya.

Sekian penjelasan tentang membuat lampion lampu dari benang wol, semoga penjelasan tadi menjadi inspirasi dan bermanfaat bagi teman-teman Rimbasiana.

Terimakasih :).

Penulis: Afifah Ishlah

Editor: Medria Hardhienata

Tentang Penulis /

Tinggalkan Balasan

Mulai mengetik dan tekan Enter untuk mencari