Mengajak Anak-Anak Melihat Keindahan Alam

Alam adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa,  alam semesta merupakan karunia yang paling besar terhadap manusia, untuk itu Tuhan Yang Maha Esa menyuruh seluruh umat manusia untuk memelihara seluruh ciptaan Nya, seperti manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan.

Kita pun sebagai manusia yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa harus bersyukur serta memanfaatkannya dengan baik, dan melarang kita sebagai manusia untuk berbuat kerusakan.

Salah satu konsep dari memanfaatkan dan menjaga kelestarian alam ciptaan-Nya, kita harus memperhatikan dan menjaga akan penghijauan dengan cara menanam pohon seperti menanam pohon di hutan dan menjaga dari ada nya penebangan liar agar tidak terjadinya bencana alam seperti longsor dan karena tidak adanya penyerapan air hujan yang akan mengakibatkan banjir, menanam pohon kecil seperti pohon buah-buahan, bunga, serta tanaman lainnya, sehingga adanya penyerapan udara kotor atau polusi agar udara menjadi bersih dan sehat.

Nah bunda pun bisa mengajarkan si kecil akan pentingnya menjaga kelestarian alam serta menikmati nya dengan cara bersyukur atas ciptaan Nya serta mengajak anak bunda untuk melihat keindahan alam ke berbagai tempat , seperti:

Pegunungan

Mengajak anak-anak ke pegunungan salah satu cara yang bagus untuk anak-anak mengenal alam secara langsung, karena anak akan mengenal banyak tumbuh-tumbuhan dan mengajarkannya bagaimana untuk bersyukur dan cinta pada lingkungan. Selain itu anak-anak pun akan senang jika bunda mengajaknya ke pegunungan pada saat libur sekolah, itu menjadi salah satu mengajak anak refreshing di tengah kesibukan belajar di sekolah dengan melihat penghijauan secara langsung.

Bermain air di sungai

Mengajak si kecil bermain air di sungai dengan suasana yang masih alami dan tentu nya dengan aliran sungai yang tenang serta dangkal, si kecil bisa bermain air bahkan bisa sambil berenang juga loh, selain itu mengajarkan si kecil untuk berani untuk turun ke sungai.

Pesawahan

Selain mengajak anak-anak melihat keindahan alam ciptaan Tuhan dengan melihat sawah, anak-anak bisa sambil belajar juga dari mana asal adanya beras atau nasi yang biasa kita makan, dan anak-anak bisa sambil belajar cara menanam padi di sawah serta cara memanen padi yang sudah siap di panen.

Pantai

Selain berwisata ke pantai bisa juga bunda mengenalkan kepada anak bunda dengan keindahan alamnya, anak akan melihat secara langsung hamparan pasir dan air laut yang sangat luas, sekaligus anak bisa bersenang-senang bermain air dan pasir.

Melihat Air Terjun

Bunda bisa mengajak si kecil melihat keindahan alam melalui berwisata ke air terjun, si kecil akan takjub dengan melihat keindahan air yang turun dari atas, dan si kecil pun akan senang dengan melihat keindahan yang di ciptakan oleh Tuhan YME, dengan menikmati ciptaanNya ajak lah si kecil berfoto sambil melihat air terjun yang sangat indah, dan ajak si kecil untuk mandi air terjun yang sangat sejuk, dan jangan lupa sambil di dampingin serta di awasi juga ya bund…

Dengan mengajak anak-anak ke tempat-tempat tersebut si anak akan mengetahui apa saja ciptaan Tuhan yang bisa di lihat, anak akan mengetahui berbagai tumbuh-tumbuhan.

Dan semua ciptaan-Nya serta mengajarkan anak untuk menjaga lingkungan dan mencintai alam sekitar kita tak lupa ajarkan anak untuk tetap bersyukur atas apa yang telah di beri nya.

Demikian artikel di atas tentang memperkenalkan alam pada anak, semoga artikel tersebut menjadi bermanfaat untuk di lakukan bersama anak-anak.

Tentang Penulis /

Tinggalkan Balasan

Mulai mengetik dan tekan Enter untuk mencari