Membuat Sampul Buku dari Bahan Flanel dan Mika PVC

Hallo bunda…

Bunda apakah sering anak- anak bunda lupa menyimpan buku tabungan dan kartu SPP saat di bawa di tas?

Ya, Terkadang anak – anak suka mencari di tas saat akan di setorkan buku tabungan dan kartu spp kepada guru nya karena terselip diantara buku – buku yang di bawa sehingga buku tabungan menjadi rusak dan lecet bahkan sampai ada yang sobek.

Nah saya punya solusi nih bunda, agar buku tabungan anak tidak sering terselip dan tidak mudah rusak, kita akan membuat sampul buku dari plastik dan kain flannel, dan bunda pun bisa membuatnya juga loh..

Alat dan bahan nya adalah:

1. 2 Kain flanell ukuran 24 cm x 2 cm (panjang)

2. 2 kain flanell ukuran 13 cm x 2 cm (pendek)

3. Plastik mika pvc / plastik jilid ukuran 35 cm x 13 cm

4. Gunting

5. Lem tembak

6. Penggaris

7. Balpoin

8. Hiasan dari kain flanel

9. Perekat bolak balik

Cara membuatnya:

1. Lipat plastik jilid menjadi tiga bagian dengan ukuran 5,5cm (bagian tutup), 14 cm dan 12 cm ( bagian kantung ). Disini saya menggunakan plastik jilid ya, jika bunda punya plastik mika pvc lebih bagus lagi ya

2. Ambil kain flannel yang panjang dan lem di bagian setiap sisi kanan dan kiri plastik yang sudah di lipat untuk bagian kantung, terkecuali untuk bagian tutup jangan di lipat ya saat kain flanell dipasang untuk list pinggir.

3. Lalu tempel kembali kain flanell yang pendek untuk list bawah dan atas bagian tutup.

4. Pasang dan lem perekat bolak balik di bagian tengah atas list tutup agar kantong bisa di tutup.

5. Ambil sedikit sisa kain flanell dengan ukuran 6 cm x 1 cm lipat dan lem ujung kain flanell dan lem di bagian sisi tutup kantung.

6. Terakhir buat lah hiasan gambar atau karakter sesuai kesukaan anak – anak dari kain flanell dan tempel di bagian depan kantung. Dan buat lah nama anak bunda dari kain flanell di bagian belakang kantung .

7. Dan kantung atau sampul buku tabungan pun jadi…

Bunda mudah kan cara membuatnya, jadi sekatang tidak usah khawatir lagi jika anak – anak lupa  atau mencari buku tabungan dan kartu spp karna yang biasanya terselip di tas. 

Nah sekarang buku tabungan dan kartu spp bisa di simpan di kantong khusus , sehingga buku dan kartu tidak mudah rusak dan tidak terselip lagi di antara buku – buku yang ada di tas, sehingga gampang di ambil ketika akan di setorkan kepada guru di sekolah.

Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat ya dari artikel yang saya buat.. *_*

Tentang Penulis /

Tinggalkan Balasan

Mulai mengetik dan tekan Enter untuk mencari

%d blogger menyukai ini: